Minggu, 12 Agustus 2012

5 tahun yang abnormal

Langsung aja deh... aku ga suka basa-basi... yang ada bikin makin ga sabar yang baca..
di bagian yang ini, ni cerita tentang keabnormalan ku. Eitsss jangan mikir yang aneh-aneh  dulu.., keabnormalan satu ini emang ga nyangkut soal fisik, atau, kesehatan, atau kejiwaan... tapi keabnormalan satu ini adalah tentang aku yang ga jelas nungguin sesuatu yang jelas-jelas ga perlu dijelaskan lagi.

Siapa sih yang ga pernah muda? pasti semua ngelewatin masa-masa indah itu. apa?? indah??? yaaaaaaah kebanyakan orang menganggap masa muda itu masa paling indah.. apalagi masa-masa SMA, h
mmmm.... Aku sih ngelewatin masa SMA dengan garing, garing segaring remahan sisa emping lebaran di toples. Berdasarkan  kata temen aku... yahh temen yang tergolong cupu sih di kelas, katanya sih aku keren, kece...,cool... (Bisa percaya ga sih... kalo yang ngomong anak cupu gitu?). Aku yang katanya cool ini, bersahabat, berkerabat, bahkan bersambung hingga kembar siam dengan cewe yang lebih cool dan lebih garang, yaitu Hepi..kita berdua udah sahabatan dari awal masuk SMA sampe sekarang. Kita ga bisa pisah, apes selalu bareng, sedih juga bareng, apalagi menderita, kitapun akan bareng, rencananya sih kalo mati, kuburan kita harus berdampingan.



Ada hal yang bikin banyak orang-orang di sekolah kita heran adalah... kita ga punya temen laen selain, sebut aja Tompi (tompel di pipi). Yah... emang sih, setelah lulus SMA aku baru tau, kalo aku dan hepi ternyata banyak  yang ngefans, ga cowok ga cewek, ada yang suka penasaran dengan kecoolan kita (bangga dikit). Kadang ada yang nanya, "heran deh Kenapa lo ma hepi bisa temenan ma Tompi." aku jawab, " Emang kenapa gitu?" dia balik jawab, " yahhh lo ma hepi keren, berkarisma, ga kaya geng-geng centil ga jelas gitu, tapi kalian bisa temenan ma tompi???" aku jawab "  emang kenapa?? masalah ada tompel di pipi?? ga etis tau... cuma karena ada tompel di muka, orang jadi dijauhin. Lagian nih gua yakin kalo misal semua manusia terlahir dengan tercetak tompel di mukanya, semua ga mempermasalahkan itu kok, toh yang dinilai orang kepribadiannya, bukan tompelnya". Mulai dari situ aku mikir, ksian orang-orang bertompel.. karena tompelnya, mereka terlecehkan, teracuhkan, dan tergalaukan (alllaaaah), semangat buat seluruhhh penduduk muka bumi yang  bertompel, buktikan kalo tompel kalian bawa hoki, yang bisa ngalahin patung kucing warna emas, yang cuma bisa goyang-goyangin tangan mulu di depan toko, ga gerak-gerak. 

Itulah yang bikin masa SMAku garing, di sekolah ini, terlewati dengan biasa aja, anak-anaknya belagak gaul gitu, mentang-mentang sekolah ini adalah sekolah swasta yang "punya nama" di kotaku. beeeeh, males banget...., muka, baju, sepatu, tas, motor, mulu yang dikerenin, otaknya pada ga isi.. medok kaya mie instan. Ga bangga deh ma jaman SMAku.


lepas dari masalah pertemanan dan ga berbobotnya kualitas anak-anak SMAku, aku punya kisah cinta...ciiieeeeelaaah,iyalaaaah manusiawi tauuu...bicara soal cinta. Aku sama Sekali ga pernah tertarik ma anak SMAku, awal SMA aku pacaran dengan cowok yang sekolahnya berlainan dengan SMAku, sekolahnya di salah satu SMA Negeri Favorit di kotaku, dan dia adalah my first love, tapi kita putus waktu kita sama-sama kelas XI. 


Selepas ngelupain sang mantan, yang katanya temen-temenku sih mukanya dia kaya bajaj... temenku ada yang berusaha ngebantu aku buat move on... dia ngenalin aku ke temennya yang sekolah di SMA Negeri terfavorit di kotaku, namanya sebut aja Gentong.. Si Gentong ini, sore-sore nyapa aku lewat sms, yahhh bayangkan sendiri cara kenalan anak SMA, ga jelas, jayus dan bikin malessss, kadang aku ga respect, karena kadang caranya dia ga sopan, godainnya bikin keki..sok-sok bilang "udah mandi blom?" "Udah makan belom?" "mandi sana, ntar aku intip lhoo" ga banget kan.. sekalipun aku anak SMA, aku ga kaya kimcil-kimcil alay jaman sekarang..dicolek aja, udah blingsatan. 


Sampai pada suatu kala, dia ngajak ketemuan, sebelumnya emang aku tahu si Gentong ini badannya kaya gentong air, yang lagi hamil..dari temen-temen satu sekolahnya yang temen 1 gereja ma aku, ternyta gentong adalah temen SDnya si Hepi. Suatu ketika aku menyusun rencana, janjian di suatu tempat, tapi aku ngumpet dulu, aku liat dulu segede apa sih mas Gentong ini. Nah akhirnya nongol juga Gentong di tempat yang udah disepakati, aku ngintip dari semak-semak, bener si Gentong gendut, tinggi besar, facenya cute dan cakep juga sih, buat ukuran orang gendut, facenya dia berhasil menutupi kekurangan dibadannya itu. Emang dasar akunya kejijikan dismsin genit-genit gitu, ilfeel lah aku. akhirnya, aku pura-pura ga bisa nemuin dia, sambil sms dia dan memantau dari semak-semak.


Hari-haripun berlalu, akhirnya aku niatin buat beneran ketemu ma si Gentong, dia ngajak aku buat makan es krim.. kita ngobrol... cerita-cerita, mmm dia keliatan kalo dia anak pinter, levelnya beda sama anak-anak di sekolahku, lama-lama dia keliatan berwibawa, aku sadar, selama ini Gentong ga kaya yang aku pikirin, malahan dia satu-satunya cowo yang bikin aku nyaman selama idupku (lebaaay), dia ga pake pakaian yang sok-sok'an gaul, justru dia kelihatan dewasa dengan pakaian sederhana, wajahnya makin cute kalo dia nyengir, giginya rapi...walaupun ga dipagerin, hhmmmmmhhh kayaknya, ilfeelku udah ganti dengan fall in love look at the first site. 


Singkat cerita.. aku bener-bener suka, tertarik, atau naksir dengan Gentong bunting ini, dan semuanya berbalik, dia ngejauh, jauh... ngejauh terus, walaupun sesekali dia ngajak keluar ngabisin waktu malem minggu. Tapi dalam keadaan kaya gitu dia bilang nganggep aku cuman temen aja. Aku ngungkapin apa  yang aku rasain ke dia, aku ga tau gimana caranya ngungkapin perasaan ke cowok dengan baik dan benar, karena itu adalah pertama kalinya aku suka ma cowo, dan bener-bener sukaaaaaa banget, walaupun aku ga tau persis, apa yang ada dalam diriya yang bikin aku tertarik. Mungkin itu terlalu berani, terlalu korban film, terlalu norak, terlalu menjunjung emansipasi, atau terlalu apa ajalah yang cocok disandangkan ke aku waktu itu.. ya.. dia nolak aku. Malesss banget cerita bagian ini!!


Sampai akhirnya kita lulus SMA, masih aja dia ngehindar dari aku. Sampai akhirnya aku denger kabar dia akan ke solo untuk melanjutkan studi perguruan tinggi di sana. Sekali lagi ya pembaca, entah terlalu berani, terlalu sok romantis, terlalu ingin dikenang, terlalu ingin memberi, dan gelar terlalu terlalu lainnya yang pantas disandangkan di nama belakangku. Aku kasih dia kenang-kenangan berupa dasi yang coraknya cocok buat dia, dan aku bikin sendiri. Nyaliku makin ciiiuuuuut, makin rendah diri pula lah aku, gimana nggak! setelah aku kasih, aku sms dia, tanya," udah buka belom tuh kenang-kenangan... suka atau nggak?". Boro-boro bilang makasih, bls aja nggak! sehari, dua hari, seminggu... bahkan berbulan-bulan mungkin kalo hamil, anaknya udah lahiran. bilang suka atau nggak aja ga ada... kadang pengeeeen banget sms dia dan bilang " Mas..belom pernah kelilipan meja?!?!"



Waktu terus berjalan, tentang Gentong... masih berlanjut dan membayang-bayang. Sampe aku lulus kuliah, percaya, ga percaya, tapi anda kudu percaya... karena saya meliput diri saya secara tajam dan terpercaya.. aku masih berharap dia buka portal hatinya itu. Selama 5 tahun, aku masih abnormal, menunggu walau jelas-jelas udah jelas, dan ga perlu dijelaskan lagi kalau aku udah ditolak mentah-mentah sejak 5 tahun silam. Dia selalu beralasan, bahwa dia ingin fokus dengan kuliahnya hingga dia mencapai karier yang dia inginkan. Okay, itu sama aja nolak secara halus mas bro.. yah ak nunggu sampai dia ngedapetin apa yang dia inginkan selama ini, aku akan jadi orang yang pertama tersenyum deh.. saat dia berhasil meraih cita-citanya... 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar