Kamis, 30 Agustus 2012

improvisasi di tengah kejenuhan



Ooohhhhh kamar sederhanaku… akhirnya aku bisa mencoret-coret dindingmu lagi.. setelah sekian lama aku tak pulang-pulang seperti bang Toyib. Kini aku datang oleh perihal aku baru dapat rezeki yang takseberapa untuk kubelikan pulsa modem, agar aku bisa pulang ke kamarku ini….

Hmmm… banyak hal yang terjadi selama aku tidak beristirahat di kamar ini.. oleh sebab itu, akan aku
ceritakan kawan… setelah aku menerjang ombak, badai, dan tanah longsor batin ini, dimana aku sebagai wanita terlunta-lunta tak kunjung menemukan pendamping hidup dan pekerjaan serta ketenangan di rumah.. satu dua hal membuat aku memiliki tinta merah yang memberi improvisasi (setidaknya).

Aku Sempat kerja di sebuah arena bermain di pusat perbelanjaan di Salatiga.. mmm, sejauh ini yang aku rasakan seru, ngeladeni bocah-bocah kecil yang antre buat isi saldo kartu bermainnya.. karena tugasku adalah sebagai kasir, ngeladenin tuh bocah-bocah daftar bikin kartu bermain dan isi saldo, bahkan ada yang harus ganti kartu, sekaligus nukerin tiket yang dimuntahin mesin-mesin.. aku kadang geli atau berimajinasi sendiri tentang nama-nama tuh bocah-bocah, ada yang namanya bikin geli kadang.. ada yang namanya Yoyada, lucu tau.. ni nama, terserah deh menurut kalian ni nama biasa aja, tapi pertama kali denger ni nama, langsung radar imajinasiku ngangkat. Bayangin tuh bocah kecil, bajunya kedodoran, pake jaket gede, kulitnya diitemin kalungnya pake rante kapal, terus nyanyi ala hip hop..  “ yo .. yo.. ya… da… yo… wuhu.. ya… da… ahak. Ahak.” (lucu nggak? Nggak ya?)

Nama anak yang paling ga kreatif, dan  ga bakalan anakku ku namain dengan nama-nama di bawah ini :
Adi, Andi, Putri, Rama, bunga,  Ridho, Adel, Pingky, dan Yudha.. hmmmhh waktu ada seorang Adi lapor kalo mau ganti kartu, karena kartunya rusak, kita tanyain  inget ga nomer kartunya, dia bilang nggak, kita cek aja di komputer.. waktu dicek…jebret!!! Betapa begitu banyak yang namanya Adi di komputer.. demikian juga nama-nama yang aku sebutin tadi.

Sebuah nama lagi.. yang reputasinya jelek.. udah pasaran, reputasi jelek pula.. gimana bisaaa gitu yah para orang tua ni  bocah-bocah, tega ngasih nama anaknya Bunga.. ckckckckck.. kaya yang diberita tuh, “sebut saja Bunga, gadis yang terjaring razia di lokalisasi”, “sebut saja bunga, telah melakukan kecurangan dalam ujian nasional”, “sebut saja bunga, yang biasa mecampur masakan di wartegnya dengan formalin”, “sebut saja bunga, yang biasa mangkal di lampu merah”… dan bunga-bunga yang sering disebutin ma berita-berita di tipi. Kasian amat yang namanya Bunga.. ealah to nga.. nga..

Nah… kalo yang satu ini nih bikin seger-segeran mata… anak-anak kecil bener-bener lucu.. dateng satu-satu, suaranya lucu, matanya masih bening, dan imut-imut, bener-bener BAPAKNYA ngegemesin! Ga sedikit nih bapak-bapak yang kira-kira umurnya 30an, gendong anaknya, ganteng, berwibawa, ngomongnya enak pula… duhhh untung juga ya belum punya laki, ga kuat iman deh..  radar imajinasi ngangkat lagi..ngebayangin  tuh bapak-bapak ngegendong anaknya yang cantik, dan disebelahnya ada aku.. yang bawain barang-barang anaknya, dan dot susu serta bawa kereta dorong si anak, pake baju putih dan tak lain aku adalah pembantunya sekaligus baby siternya.. nih imajinasi yang ga aku harapkan, setidaknya masih bisa di samping tuh bapak ganteng.

Yah itulah sedikit ulasan tentang hiruk pikuk gejolak jiwa muda (lebay)saya, sekalipun abis pulang kerja ni kaki ma pinggang kaya mau putus.. tapi  aku setuju banget kata Giring Nidji,
” Menarilah dan terus tertawa, walau dunia tak seindah surga… “


Tidak ada komentar:

Posting Komentar