Minggu, 05 Januari 2014

W A N I T A

B E A U T Y  I S  Y O U

Terlepas dari hal sebagaimana saya diciptakan sebagai seorang wanita.. saya benar-benar bersyukur Tuhan menciptakan makhluk dengan wujud apik dan peranannya penting bagi dunia ini. Wanita... sungguh mereka  ini adalah pribadi-pribadi penuh keragaman... dan berdasarkan apa yang saya lihat dan rasakan sekian lama ini, wanita di sekeliling saya... memiliki argumen yang sebagian besar sama mengenai apa yang disebut cantik. Yaaaah... tak jauh-jauh dari kata "rambut panjang", "ramping", dan yang selalu disebutkan adalah "berkulit putih".

Mungkin... mungkin nih.... dulu, kedatangan noni-noni belanda di indonesia membuat nenek moyang kita terpukau dengan kecantikan kulit putihnya, hingga menahunlah anggapan ini, sehingga bermunculan produk-produk pemutih, modelnyapun ditampilkan dengan kulit yang sangat putih ditambah pula tubuhnya yang kurus dan tinggi semampai. Hingga akhirnya .. wanita Indonesia bersaing melakukan segala cara untuk memutihkan kulitnya,menguruskan badannya juga agar bisa masuk kriteria cantik ini.

Wanita oh wanita, saya sedih dengan keadaan ini, padahal kulit sawo matang eksotis  kita begitu dikagumi oleh negara-negara barat, kalau pun ada rekan atau teman kita sebangsa dan setanah air berkulit putih.. seharusnya tak perlu membuat kita merasa "tidak cantik", ataukah pula rambut kita pendek, merasa kalah seksi dengan yang rambutnya panjang, demikian juga yang berambut keriting... tak harus bolak-balik kesalon demi pelurusan rambut, hanya karena anggapan rambut lurus menunjang kecantikan.

Wanita-wanita sekalian... saya sangat meyakini.. bahwa kita semua wanita memang diciptakan cantik... kita  setiap pribadi pasti memiliki kelebihan-kelebihan dalam diri kita yang pastinya dikagumi oleh orang lain. Tak perlu bermakeup tebal, dan berpakaian ala korea seperti masa sekarang, perbanyak ibadah.. dan seringlah tersenyum.. terlebih ucapkan "tolong", saat minta tolong, "maaf" saat kita melakukan kesalahan kecil sekalipun, ucapan "terimakasih" ketika kita menerima sesuatu ataupun pertolongan. Hal-hal itulah yang perlu kita tanamankan dalam diri kita sebagai wanita, karena cantik di dalam adalah kecantikan sejati, dan pakailah selalu makeup alami yaitu "senyuman".

2 komentar: